INFRASTRUKTUR

DPUPR Pastikan Jalur Mudik Mulus

11 April 2019

DPUPR Pastikan Jalur Mudik Mulus

SUKOHARJO – Kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019 menjadi prioritas. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo melakukan inventarisasi jalur yang menjadi kewenangannya.

 

Kabid Bina Marga DPUPR Sukoharjo Sarjito mengatakan, inventarisasi jalur tersebut guna memudahkan koordinasi antara pengelola jalur utama, alternatif dan pendukung. “Jalur utama merupakan wewenang pusat untuk melakukan perbaikan,” terangnya kemarin (10/4).

 

Jalur utama tersebut yakni Ngasem-Kleco, Kartasura-Sanggung, Grogol-Sukoharjo-Nguter. Sedangkan jalur alternatif yakni Tegalan- Mangkuyudan, Jalan Slamet Riyadi Kartasura-Adisumarmo.

 

”Khusus Bulakrejo–terminal menjadi kewenangan Provinsi Jateng. Sedangkan Jalan JendEral Sudirman dan Jalan Slamet Riyadi kewenangan pemkab,” jelasnya.

Untuk jalur pendukung, ada banyak titik yang diawasi pemkab. Di antaranya jalur Baki-Pajang. Hasil pantauan sementara DPUPR, kondisi jalan masih cukup baik dan berstatus mantap. Hanya ada beberapa titik mengalami rusak berat.

 

”Yang berlubang sudah ditambal sementara. Untuk perbaikan lainnya, masih menunggu lelang di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ). Kami meminta diprioritaskan,” ungkap dia. Ditambahkan Sarjito, total anggaran pemeliharaan dan rehab jalan pada tahun ini senilai Rp 90 miliar. (yan/wa)

 

11 APRIL 2019, 11: 25: 59 WIB | EDITOR : PERDANA

 

AKSES UTAMA: Kualitas aspal di jalur mudik kawasan Kartasura menjadi perhatian pemerintah.  (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

 

Sumber : https://radarsolo.jawapos.com/read/2019/04/11/131066/dpupr-pastikan-jalur-mudik-mulus

Share :